Senin, 17 Maret 2014

Teori Komputasi


Teori komputasi adalah cabang ilmu komputer dan matematika yang membahas apakah dan bagaimanakah suatu masalah dapat dipecahkan pada model komputasi, menggunakan algoritma.  .
Pada awalnya perkembangan komputasi modern digagas oleh John von Neumann (1903-1957), Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann menjadi salah satu ilmuwan terbesar pada zamannya. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya. Berkat teori-teori nya itulah pada saat itu komputer mengalami perkembangan dan kemajuan pesat itu dapat terlihat saat dia menjadi seorang konsultan pada pengembangan komputer ENIAC.
Dengan adanya teori tersebut, manusia mulai menciptakan komputer yang awal fungsinya hanya sebagai alat penghitung tetapi bukan hanya perhitungan angka saja tapi juga membantu manusia dalam mencari solusi terhadap suatu masalah dalam bentuk numerik. Kemudian seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi teori komputasi pun tentunya semakin berkembang sehingga membutuhkan perangkat-perangkat yang lebih canggih, baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak.
Teori komputasi juga dapat diimplementasikan di berbagai bidang, seperti di bawah ini:
1. Bidang Fisika

Komputasi bisa diimplementasikan di bidang astronomi contohnya, ketika pesawat luar angkasa yang  keluar angkasa dihitung jarak jatuhnya roket pada saat dilepaskan dilangit, sehingga bagian roket yang jatuh tidak mengenai daerah yang berpenduduk, pada kasus ini diperlukan super komputer yang dapat men-simulasikan kejadian tersebut.

2. Bidang Kimia

Di Kimia komputasi bisa digunakan dalam Komputasi Molekul dan Atom, misalnya untuk mengetahui Sifat-sifat molekul, seperti energi, struktur, momen dipol, keterpolaran, atau hyperpolarizability merupakan beberapa besaran yang dapat dihitung lewat perhitungan. Dalam komputasi molekul, terdapat beberapa teknik untuk menghitung sifat-sifat molekul, yaitu mekanika molekul, teori fungsi kerapatan atau teori struktur elektron.

3. Bidang Matematika
Penerapan teknik-teknik komputasi matematika meliputi metode numerik, scientific computing, metode elemen hingga, metode beda hingga, scientific data mining, scientific process control dan metode terkait lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah real yang berskala besar.
4. Ekonomi
Mempelajari titik pertemuan antara ekonomi dan komputasi, meliputi agent-based computational modelling, computational econometrics dan statistika, komputasi keuangan, computational modelling of dynamic macroeconomic systems dan pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi ekonomi.
5. Bidang Biologi 
Merupakan penerapan berupa aplikasi dari teknologi informasi dan ilmu komputer terhadap bidang biologi molekuler.
6. Geografi 
Terdapat penggunaan komputasi yang diterapkan pada GIS (Geographic Information System) yang berguna untuk menyimpan, memanipulasi dan menganalisa informasi geografi.

7. Bidang Geologi  

Pada bidang geologi teori komputasi biasanya digunakan untuk pertambangan, sebuah sistem komputer digunakan untuk menganalisa bahan-bahan mineral dan barang tambang yang terdapat di dalam tanah.

sumber: http://cute-periidola.blogspot.com/2014/03/perkembangan-teori-komputasi-beserta.html
              http://romydjuniardi.blogspot.com/2013/04/teori-komputasi-dan-implementasinya.html
              http://indraug.blogspot.com/2014/03/perkembangan-teori-komputasi-dan.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar